Minggu, 17 Mei 2015

Tes Siswa baru di SD IT As Salam Fakfak


Pintu gerbang SD IT As Salam terbuka. Hari Rabu, 14 Mei  walaupun bertanggal merah
dimanfaatkan para ustadz dan ustadzah untuk mengetes siswa baru calon murid kelas 1 SD IT As Salam. Para Siswa duduk terpisah diruangan berbeda dengan orang tua. Pada saat Anak – anak  menjalani rangkaian tes mulai dari baca quran, mengenal angka, mengenal huruf, mengenal bentuk dan gambar, membaca dan penalaran,  para orang tua  di interview terkait tata tertib di sekolah.  

Guru selain mentransfer ilmu  juga belajar psikologi.  Saya dapati beberapa anak langsung sumringan jika ditanya, lalu berbicara panjang lebar, ada yang senyum – senyum saja ada yang malah menangis sejadi – jadinya  saat masuk pintu gerbang sekolah lalu di bujuk beberapa ustadz dan ustadzahnya.

Saya belajar banyak hari ini walaupun perlu cari  teori pendukung untuk menguatkan pemahaman. Pada saat ditanya pertanyaan penalaran. Mengapa di Siang hari itu terang dan di Malam Hari gelap? mengapa harus sikat gigi dan mandi di pagi hari? di kelas – kelas awal Saya pikir tidak perlulah ada jawaban pasti yang sesuai dengan pemahaman guru. Sang guru hanya perlu mengembangkan alam kreatifitasnya biarkan mereka berimajinasi dengan jawaban- jawaban mereka.

Saya lupa ngutip di buku apa waktu keperpus.
‘’ Anak – anak tidak pernah menjawab pertanyaan dengan salah karena mereka punya pemahaman yang berbeda tentang segala sesuatu .’’





Fakfak, 14 Mei 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar