Minggu, 28 Juli 2013

UN4U (United Nation For You )

Kamis 20 october 2011

UN4U (United Nation For You )
The United NationWorks for you. INTERNATIONAL SEMINAR.
Acara yang digelar Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Hasanuddin yang bertempat di Baruga A.P. Pettrani. Dengan pembicara Mr. Michele Zaccheo  Director of United Nations Information  Centre (UNIC) menjelaskan secara panjang lebar bahwa PBB hadir untuk keamanan dunia, Peace Meaking and peace Building.  United Nation  and it’s  Role in maintaining Peace and Security. (Absolutly Using  English )
Hari itu, jurusan Ilmu hubungan Internasional UNIFA  Izin Akbar, dari angkatan 08,09,’10 dan ’11. Setelah menyampaikan surat izin di semua matakuliah. Mengapa acara itu menjadi penting? (sampai kita harus izin akbar).salah satu jawabannya karena kita mau melihat UN dari dekat.hehehe....
Acara itu  yang berdurasi  lima jam .  kursi Baruga nyaris tak ada yang kosong. Dengan peserta sebanyak itu tentu saja mewakili institusi masing – masing. Sama seperti delegasi tiap negara. Saya seperti merasakakan seakan – akan berada di gedung Perserikatan Bangsa –Bangsa. Asli.
(Sesi Tanya jawab) peserta kuliah umum sebagian besar  bertanya tentang sikap PBB terhadap Palestina. ???’’(

 Jumat 4  Nov 2011 Dikelas: Matakuliah Organisasi Internasional Oleh :ibu kardina.

 Apa Peran PBB ?
Dalam Kasus Israel Palestina.
Hadirnya PBB sebagai Penjaga keamanan dunia  tentu untuk meminimalisir terjadi perang- perang besar (untuk tidak dikatakan tidak berguna, hanya karena selama ini sebagai alat United States). Saya mengaitkannya lagi dengan Mata Kuliah Politik Internasional oleh : Ibu Rosnani. Saya dapat Topik HAM Studi kasus : Konflik Israel Palestina dalam prespektif Neorealisme.
Asumsi dasar dari Neorealisme adalah Keamanan dan Kelangsungan hidup. Untuk mencegah suatu negara dari dominasi sistem. Dan negara bersifat anarki.
Analisis : konflik Israel palestina
1.     Perebutan wilayah
2.    Ideologi yang berbeda membuat kedua negara bertentangan secara kepentingan.

Dalam Neorealism yang menjadi aktor utama adalah negara. Konflik Israel dan Palestina tidak dianggap sebagai konflik antar negara dan negara tetapi negara dengan organisasi ini disebabkan karena Palestina belum diakui sebagai sebuah negara. Sehingga pembenaran yang dilakukan oleh Israel untuk menangkis Resolusi yang dikeluarkan Oleh PBB dengan memanfaatkan hubungannya dengan United States untuk mencapai tujuan nasionalnya.  Sehingga siapapun yang menarik Israel ke Mahkamah Internasional akan berhadapan langsung dengan kekuatan united states  yang mendukung kepentingan Israel secara militer dan ekonomi.
 Dalam sistem yang anarki bahwa The might is right. Yang kuat yang menang.


Point :
  • Untuk mempertahankan kehidupan kita akan bermain pada wilayah ‘’KEPENTINGAN ‘’. Kalaw kita punya kepentingan, bahan dasarnya harus Kuat.
Pada tataran negara. politik luar negeri  harus kuat dan  itu bisa kita contohi dari israel.
  • Ideologi (cinta yang mengakar= nasionalis)yang mengakar kuat. Bangsa Israel, pendapat dasar zionis bahwa Palestina adalah Tanah ALLAH yang dijanjikan untuk orang –orang Yahudi. Maka dengan segala keyakinan mereka merebutnya.terlepas dari cara yang salah atau benar.  Bangsa Indonesia Cintanya tak mengakar jadi mudah tergadaikan oleh cinta palsu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar