Minggu, 12 Januari 2014

#Hubungan Internasional.... sebuah Pilihan


Ada tiga pertanyaan mendasar mengapa saya  memilih HI menjadi Disipllin Ilmu.

2.       Bagaimana cara belajarnya ?
3.       Untuk apa Ilmu HI itu ?
1.     HI buat saya....

Masih segar dalam ingatan saat ditanya oleh Ketua Prodi HI bapak  Dede Rohman kenapa ambil Jurusan HI? Langsung saja  saya jawab mau jadi Reporter pak, padahal di Kampus FAJAR jurusan Komunikasi adalah jurusan tervavorit. Kenapa tidak masuk Komunikasi saja … mau jadi Reporter Perang?’’Tambah Pak Dede. Saya senyum saja entah apa yang kupikirkan waktu itu. Tapi yang jelas di HI saya akan belajar tentang Komunikasi juga dan Kontennya adalah Politik. Mungkin begitu. Yang jelas saat memilih jurusan kita harus punya konsep diri yang jelas mau jadi apa?kedepannya. Punya konsep diri yang jelas akan membuat kita kuliah dengan sepenuh hati, menikmati setiap momennya tidak hanya sekedar memenuhi gengsi. Bukan hanya di jurusan HI, tapi berlaku untuk semua jurusan. Masuk HI untuk mendapatkan pekerjaan bergengsi? Emmm,,, tanpa masuk HI- Pun kalau kita berkualitas akan mendapatkan apa yang kita mau. Intinya… berkualitaslah…


HI buat saya....... 
Adalah  melihat dunia secara Menyeluruh dan membuat langkah - langkah kecil untuk mencapai tujuan. Konsep Diri yang saya bentuk dari awal adalah menjadi Muslim Negarawan. Hal ini sedikit banyak mempengaruhi cara saya berfikir dan mengambil tindakan. saya semakin menyadari bahwa perputaran dunia ini adalah berbicara tentang '' The Politics Of'' saya mengambil pandangan Harol D Laswell untuk melihat interaksi antar manusia - manusia di dunia ini, sampai interaksi antar negara 



 Siapa?
Mengatakan apa?
Melalui saluran apa ?
Kepada siapa?
Dengan akibat apa?



Dengan lima pertanyaan Laswell kita sudah bisa menganalisis sebuah masalah. 

Bagaimana cara Belajar HI.... 
jawabannya adalah MEMBACA. Ilmu HI tanpa membaca sama halnya 
      Aksi tanpa Konsep  Serampangan. Konsep tanpa Aksi  Pincang. 
Ilmu HI adalah dunia literasi yang membutuhkan banyak Referensi. 



 Ibarat Pohon, Ilmu HI berakar dari Ilmu - ilmu lain. Sosiologi, Psikologi, sejarah, geografi, politik, Archologi, Ekonomi, Antrplogi, semua cabang Ilmu sosial adalah wilayah kerja hubungan internasional. kita tinggal memilih cabang ilmu mana sebagai akar kita lalu membingkainya dalam interaksi antar negara. saya suka sekali belajar tentang Komunikasi Politik Internasional. :) alasannya karena saya suka dunia literasi.simple. 


Untuk apa Ilmu HI? 
karena Konsep diri saya adalah Muslim Negarawan maka ilmu HI adalah cara menolong negara. saya percaya bahwa kita punya tugas masing - masing, dan punya cara masing - masing untuk menolong negara ini. Banyak sekali peran di dunia ini. kita cukup putuskan satu lalu sepenuh hati memainkan peran. :)

malam ini 12 Januari 2014  dengan segala kerendahan hati. Semoga Ilmu yang  dipelajari tidak hanya berguna untuk pribadi. Belajar HI adalah Belajar  tentang Pasar, Manusia, Dunia dan Agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar