Jumat, 06 Desember 2013

Menunda Penilaian

Serangkaian aktifitas hidup akan diberi penilaian. Memberi nilai pada semua yang ditangkap mata. Aku yang menilai dan aku yang dinilai. Tapi tidak usah memikirkan semua penilaian – penilaian orang pada kita.  Berbuat sesuatu atau diam saja akan sama - sama dinilai. Nilai diri kita  terletak pada perkataan dan perbuatan, melakukan apa yang kita katakan.

Maka aku memilih berbuat sesuatu dan salah dari pada benar tapi hanya diam tanpa tindakan. Memilih bergaul dengan banyak orang, yang sudah pasti akan menerima dan menolak kehadiranku. Tapi dengan begitu aku sedang belajar untuk memberi nilai pada diri sendiri dan menunda penilaian terhadap orang lain.

Ketika kerjaku tidak dihargai, aku sedang belajar tentang ketulusan
Ketika usahaku dinilai tidak penting, aku sedang belajar tentang keikhlasan
Ketika hatiku terluka sangat dalam, aku sedang belajar tentang memaafkan
Ketika aku harus lelah dan kecewa, aku sedang belajar tentang kesungguhan
Ketika aku merasa sepi dan sendiri, aku sedang belajar tentang ketangguhan.
(kata bijak lama, entah punya siapa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar