Kamis, 16 April 2015

Al Fatih Kaffah Nusantara.


#ALFATIH KAFFAH NUSANTARA Jambore Dakwah Internasional

Saya sudah di Fakfak 7 Desember 2014. Selamat datang kembali Rima. ;)

Setiba di fakfak saya berkesempaan mengikuti  jambore dakwah internasional  di pulau Ugar.Satu pulau kecil  yeng terletak di kecamatan Kokas yang diadakan oleh AFKN  ( Alfatih kaffah Nusantara ) sebuah yayasan sosial dakwah yang memulai aksinya dari daerah pedalaman Irian. Yayasan ini didirikan oleh Ustadz Fadlan Garamatan. Kalau bicara tentang aksinya beliau lebih senang menyebutkan Nuu War / Irian ketimbang Papua.

Kegiatan ini berkonsep kemah.  Ada 10 tenda dibangun.  Tiap tenda terdiri dari 15 sampai 20 orang. Yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa se Papua Barat.

Ada dua point  materi yang mengambil  perhatian  lebih saya selama berada di sana. 1. Membangun dari  Kampung. Tema ini di bawakan oleh mantan Bupati Fakfak  Bapak Wahidin Puarada. Dan ke 2. Remaja dan Islam.  (Untuk pembahasan materinya ada capter lain).

AFKN memilih Ugar sebagai  tempat kemah dakwah  karena Pulau ugar ini adalah kampung Muslim yang belum tersentuh apa  apa. Baik itu pemahaman nilai – nilai Islam maupun  wawasan umum. Sehingga selama disana AFKN berfokus pada listrik masuk kampung, renovasi Mesjid, pembuatan MCK.

Selama dua minggu berada disana. Pulau mati ini seperti hidup. Ada suara lantunan alquran,  orang – orang berseliweran, ada orang bermain volley di lapangan. Warga sekitar yang tidak seberapa itu paling tidak bisa merasakan suasana baru, paling tidak Allah Akan memberikan sepercik hidayah dihati – hati mereka, paling tidak anak – anak kecil disana punya tontonan baru yang islami. Paling tidak warga sekitar punya  semangat berislam dan membangun dari kampung. InshaaAllah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar